Pandemi Covid-19 menciptakan status serba tidak pasti. Kondisi tersebut tak jarang membuat para orangtua semakin stres, karena bebannya semakin bertambah. Pada akhirnya, orangtua merasakan lebih lelah dari biasanya.

Perasaan lelah tersebut bukan hanya soal fisik, namun mental juga. Jika dibiarkan terus-menerus kondisi parental burnout bisa dialami para orangtua. Kondisi tersebut ialah situasi tingkat lanjut dari tekanan atau ketika stres terjadi, durasinya terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

  WFH

Ada banyak faktor yang mampu membuat orangtua mengalami parental burnout. Dijelaskan Psikolog Saskia Panggabean, di masa belajar dari rumah sebab pandemi, orangtua mau tidak bersetuju harus beradaptasi. Ya, orangtua wajib beradaptasi dengan situasi baru dengan segala peran dan tugasnya, situasi ini bukan sesuatu yang mungkin.

“Sehingga orangta rentan mengalami stres bahkan burnout. Tandanya bisa dilihat daripada Anda jadi sumbu pendek dan kerap tanpa disadari perasaan stres tersebut Anda lampiaskan ke budak, ” kata Siska yang juga seorang Spesialis Pendidikan Wahana Pandangan Indonesia, dalam keterangan tertulisnya dengan diterima Okezone (29/9/2020).

Lebih lanjut, dijelaskan Psikolog Anak dan Remaja dari Vila Dandelion, Agstried Elisabeth, parental burnout ini bisa terjadi juga ketika orangtua mengalami lelah emosi jiwa-raga dalam hal mengasuh anak. Kode yang bisa dikenali adalah Kamu merasa sangat lelah padahal pas beristirahat.

Petunjuk lainnya yang bisa dikenali sebab kondisi parental burnout adalah ‘detachment’ atau merasa jauh dengan anak walau pada kenyataannya Anda penuh menghabiskan waktu dengan anak. Selanjutnya, tanda lain dari parental burnout adalah Anda merasa tidak bisa dan berpikir kalau Anda bukan orangtua yang baik untuk jiwa anak.

  Baca juga: Cantiknya Amanda Manopo Pakai Dress Kupu-Kupu, Bang Billy: Baby I Like It

“Biasanya parental burnout ini rentan berlaku karena keinginan untuk menjadi orangtua yang sempurna. Padahal tidak ada yang bisa menjadi orangtua ideal, tapi ada banyak cara untuk menjadi orangtua yang baik, ” kata Agstried dalam acara Talkshow Online yang diselenggarakan WVI, belum lama ini.

(DRM)