BEBERAPA vaksin Covid-19 memang bukan disarankan penggunaannya untuk para remaja. Bahkan, vaksin AstraZeneca pun tidak bisa dimanfaatkan untuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun.

Tapi, satu diantara produsen vaksin Covid-19, Noua. Inc mengklaim bahwa vaksin yang mereka buat bisa digunakan untuk kalangan remaja. Mengutip Reuters, Moderna menyatakan bahwa vaksin Covid-19 yg mereka produksi terbukti efektif pada remaja berusia 12-17 tahun.

Bahkan, vaksin tersebut tidak menunjukkan masalah keamanan baru atau besar dalam proses uji klinisnya. Vaksin Covid-19 buatan Moderna sebelumnya, diketahui diautorisasi penggunaannya untuk kelompok usia dewasa, 18 tahun ke atas.  

Moderna Inc menyebutkan, pada awal Juni mendatang pihaknya akan menyerahkan hasil temuan studi efektivitas serta keamanan vaksin Covid-19 tuk remaja ke Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat serta badan regulator lain, untuk tujuan otorisasi penggunaan darurat pada depan Juni.

“Kami percaya diri bahwa mRNA-1273 sangat efektif dalam mencegah Covid-19 pada remaja, ” bunyi pernyataan Stéphane Bancel, kepala eksekutif Moderna.

Dalam proses mengevaluasi efektivitas vaksin Covid-19 buatannya pada kelompok usia remaja, Moderna melakukan uji coba vaksin pada sebanyak 3. 732 orang remaja oleh rentang usia 12 sampai 17 tahun. Dua pertiga di antaranya mendapat vaksin dan sepertiga di antaranya mendapatkan plasebo.