IDUL Fitri atau Lebaran merupakan momen yang dimanfaatkan bagi umat Islam buat menjalin silaturahmi. Maka tersebut, bagi para perantau akan berusaha mudik atau kembali ke kampung halaman setiap menjelang Lebaran guna bersomplokan dengan keluarga.

Nah, di Indonesia tunggal, istilah pulang kampung atau mudik Lebaran sudah sangat familier. Di mana bangsa akan kembali ke kampung halaman ketika libur Lebaran dan merayakan hari kemajuan di sana.

Baca juga: Ucapan Idul Fitri Sopan santun Arab, Bukan Hanya Minal Aidin wal Faizin  

Jika mudik sebegitu terkenalnya di Indonesia, lebih kurang bagaimana dengan negara lain ya? Apakah mereka selalu punya tradisi yang sesuai dengan bangsa kita?

Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, ternyata ada beberapa negara lain yang juga memiliki tradisi mudik menjelang Lebaran seperti di Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Turki

Sama-sama negara berpenduduk mayoritas Muslim, ternyata dalam Turki juga ada kebiasaan mudik lho. Bedanya di Turki mudik dikenal secara istilah ‘Bayram’.

Momen bayram di Turki diisi dengan berkumpul beserta sanak saudara dan silih bermaafan. Tradisi ini selalu dilanjutkan dengan berziarah serta tabur bunga ke makam keluarga.

Perayaan Lebaran di Turki terkesan manis karena ditandai dengan munculnya pasar bunga dalam beberapa daerah. Mereka pula menyajikan makanan manis yang menjadi ciri khas lebaran di Turki.

2. Nigeria

Walaupun liburan nasional menjumpai Idul Fitri di Nigeria hanya berlangsung dua keadaan, penduduk Muslim di sana tetap melakukan tradisi kembali kampung untuk mengunjungi puak serta berziarah ke makam keluarga masing-masing.

Baca juga: Jejeran Ucapan Selamat Hari Umum Idul Fitri, Penuh Enak dan Syukur 

3. Arab Saudi

Pada Arab Saudi, hampir pada setiap daerah menggelar festival untuk memeriahkan perayaan Idul Fitri. Festival tersebut pun menunjukkan berbagai macam pagelaran teater, pertunjukan muslim, serta kesenian lainnya.

Karena itu, setiap warga dengan merantau tidak mau ketinggalan perayaan lebaran yang meriah di daerahnya masing-masing. Sehingga, mereka pun beramai-ramai kembali kampung untuk berkumpul secara keluarga.

4. China

Meski jumlah hari libur Idul Fitri tidak lama sesuai di Indonesia, warga China tetap melangsungkan tradisi pegangan atau kembali ke zona halaman masing-masing.

Seusai Sholat Idul Fitri, biasanya umat Islam di China melakukan ziarah kubur para-para Muslim pejuang yang gugur saat pemerintahan Dinasti Qing.