SETIAP semut memiliki bentuk tubuh berbeda satu sama lain. Ukuran dan bentuk tubuh semut tergantung peran serta pekerjaan yang dilakukan.

Semut ratu misalnya memiliki tubuh yang besar dan bersayap. Ia bertanggung jawab menghasilkan lebih banyak semut kecil.

Sedangkan semut pelaku berukuran tubuh lebih kecil. Dia bertugas menjaga koloni tetap tersem-bunyi dan tersedianya makanan.

Baca juga: Alquran & Sains Buktikan Semut Sangat Damai serta Ajarkan Toleransi Tinggi 

Dikutip dari Mental Floss , Kamis (22/10/2020), selain dari ukuran dan sayapnya, ada perbedaan lain di antara semut ratu dan pelaku.

Dada semut, bagian tengah tempat kaki, sangat pas dengan pekerjaan mereka. Sementara itu tubuh semut ratu akan beraneka macam bentuk, tergantung dari cara itu memulai koloni atau daerah tanduk baru.

Peneliti lantaran Prancis dan Portugal sempat melakukan studi untuk membelah dada semut hingga 100 spesies banyaknya, tercatat yang sudah punah. Mereka berulang kali menemukan bahwa bagian depan, paling dekat dengan kepala, dibanding semut pekerja lebih berotot ketimbang semut ratu.

Leher yang kuat dan fleksibel menguatkan semut pekerja lebih banyak mempunyai kekuatan dan mobilitas. Perubahan urat ini sangat membantu semut menggunakan kepala serta rahangnya untuk menyala.

Baca pula: Semut Bisa Angkat Benda tenggat 5. 000 Kali Lipat dari Berat Tubuhnya