PERNAHKAH Anda menggigil usai pipis? Tahukah kenapa hal itu bisa terjadi? Lantas, apakah hanya pria yang mengalami suasana tersebut?

Dalam laporan yang diterbitkan laman Mens Health , Selasa (6/4/2021), menggigil usai pipis atau lempar air kecil rupanya bisa dialami bukan hanya adam, tetapi bayi juga dapat merasakannya. Tapi, pria lebih mendominasi fenomena tersebut.

Baca juga: Kenali Tipe Nokturia yang Sebabkan Seseorang Sering Pipis Tiap Malam  

Dalam video YouTube yang dibuat peneliti daripada Griffith University, dr Matt Barton, memperlihatkan beberapa kemungkinan seorang pria menggigil sudah pipis. Secara ilmiah momen itu disebut “sindrom keras pasca-miksi”.

Teori pertama adalah bahwa tubuh kehilangan panas akibat air kencing yang keluar dari awak serta terpaparnya area kelamin pria pada ruangan bersuhu lebih dingin saat buang air kecil.

Ilustrasi toilet. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

“tapi teori pertama tidak menjawab mengapa kita tidak menggigil saat buang air besar atau muntah, ” terang dr Barton.

Teori kedua berkaitan secara sistem saraf otonom. Ketika tubuh memutuskan untuk lempar air kecil atau tak, itu bersifat alamiah; namun saat pipis berlangsung, semua dikendalikan sistem saraf sendiri, khususnya komponen parasimpatis yang biasanya menangani fungsi jeda seperti pencernaan.

Baca juga: Ketahui Bahaya Jika Anda Kala Menahan Buang Air Kecil  

Nah, kala pipis parasimpatis muncul ke bentuk tindakan yang menyebabkan otot dari kandung urine berkontraksi mengeluarkan urine.

“Saat kandung kemih terisi cairan, dindingnya menyentak, mengirimkan sinyal ke akal. Pusat miksi di budi kemudian mengirimkan sinyal kembali melalui daerah parasimpatis serta saraf panggul untuk mengaktifkan kontraksi otot kandung urine. Karena itu semua, terjadi tekanan di dalam, ” papar dr Barton.