Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dituntut untuk menjaga protokol kesehatan tubuh. Hal ini guna menghentikan penyebaran virus corona.

Salah satu cara yang mampu dilakukan untuk menghentikan laju pertumbuhan kasus positif Covid-19 ialah memanfaatkan robot. Di Jepang, restoran pada negara ini tampaknya akan bertambah banyak yang memakai robot budak.

Dikutip Voaindonesia , anak perusahan robotik SoftBank yang berbasis di California, Bear Robotik, mengatakan Senin (28/9) kalau mereka akan mengekspor robot servis makanan ke Jepang karena restoran-restoran di negara itu kekurangan gaya kerja dan untuk memastikan preskripsi menjaga jarak aman.

Softbank Group mengatakan, seolah-olah dikutip oleh Reuters, robot bernama Servi, yang dilengkapi dengan kurang baki, kamera 3D, dan pemeriksaan Lidar untuk navigasi, akan diluncurkan pada Januari.

Servi akan disewakan secara harga 99. 800 yen (Rp14, 2 juta) per bulan, tak termasuk pajak untuk paket tiga tahun.

Peluncuran robot itu memperkuat pengalaman panjang SoftBank dalam menghadirkan teknologi asing negeri ke Jepang. Namun, kejadian itu juga mencerminkan peralihan daripada focus awal CEO Softbank Masayoshi Son kepada robot humanoid.

Baca juga: Ditemukan Pemandian Kuno Berusia 2. 000 Tahun