VAKSINASI Covid-19 jadi satu diantara hal yang wajib dilakukan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dengan vaksinasi, seseorang bisa mendapatkan kartu ataupun sertifikat vaksin sebagai kondisi untuk melakukan berbagai kegiatan selama masa pandemi Covid-19.

Tak mampu dipungkiri sertifikat vaksin memang menjadi salah satu kondisi mutlak yang wajib ditunjukkan seseorang jika ingin meresap ke dalam ruang umum atau melakukan perjalanan keluar kota.

Meskipun begitu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dalam menggunakan brevet Covid-19.

  Vaksinasi Covid-19

Merangkum dari laman Instagram Dunia Koordinasi Relawan @satgasrelawan, Selasa (31/8/2021), masyarakat diminta tidak perlu mencetak kartu atau sertifikat vaksin dengan ukuran KTP. Meski terlihat lebih rapih dan praktis, tetapi akan berdampak buruk masa tidak digunakan secara hati-hati.

“Sertifikat vaksinasi berisi data pribadi dengan dapat disalahgunakan seperti nama lengkap, NIK, informasi menerjang vaksin dan tanggal berdiri, ” tulis unggahan tersebut.

Alhasil secara informasi ini, masyarakat diminta untuk lebih waspada di dalam menyimpan data pribadi.

Selain itu menerapkan protokol kesehatan 3M seperti mencuci tangan pakai bubuk dan air mengalir ataupun hand sanitizer, mengenakan kedok, serta menjaga jarak serta menjauhi kerumunan wajib dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

(DRM)