LEBARAN pastinya menghadirkan berbagai macam makanan, mulai dari sasaran berat hingga makanan ringan. Berbagai macam makanan kecil, baik buatan sendiri maupun dibeli, biasanya disajikan untuk tamu yang datang.

Nah, salah mulia kue kering yang biasa hadir ketika Lebaran adalah kue kering yang menjadi primadona saat Lebaran muncul. Di balik rasa nastar yang sedap, kalori dalam dalamnya ternyata cukup tinggi.

Terampil Gizi dr Tirta Prawita Sari menyebut mengkonsumsi tiga nastar sama dengan sepiring nasi.

Nastar

“Nastar tersedia bermacam-macam tergantung bahan dengan dipakai, tapi tiga nastar itu kurang lebih 120 sampai 140 kalori. Memiliki kalori yang sama dengan sepiring nasi, ” ujar Tirta seperti dikutip dari Antara.

Tirta membaca kandungan gizi kue kering yang dibuat dari serbuk, gula, telur dan mentega berupa karbohidrat dengan kecil protein dan lemak. Zat gizi lainnya seperti vitamin dan mineral, menurut tempat, tidak terlalu banyak ditemukan pada kue kering.

“Problem kue kering terbuat dari gula & tepung, kebanyakan tepung putih yang sudah tidak tersedia serat. Jadi, kue biasa itu makanan kecil, tapi bicara zat gizi banyak kalori, ” kata Tirta.