UMAT Islam di dunia perdana saja memasuki bulan Ramadhan 1442 Hijriah. Segala rutinitas ibadah pun mulai dikerjakan, mulai puasa wajib hingga Sholat Tarawih. Dalam menjalankan aktivitas di bulan Ramadhan, “Ikhlas” menjadi kunci suksesnya. Demikian diungkapkan psikolog Irma Gustiana.

Ia mengatakan, “ikhlas” yang dibagikan itu merupakan singkatan dari enam hal penting biar hidup tetap seimbang, cantik dari segi fisik maupun mental, meski harus menutup ibadah puasa di tengah pandemi covid-19 untuk tarikh kedua berturut-turut.

Baca serupa: Dokter Ungkap Deretan Khasiat Vaksinasi Covid-19 saat Puasa Ramadhan  

“I itu ‘Isi waktu secara kegemaran atau hobi’. Misalnya saat ini banyak dengan melakukan hobi bersepeda. Kesenangan atau kegemaran itu rupawan untuk memecah perhatian kita dari hal-hal negatif yang bisa membuat energi kita terkuras, ” ungkap Irma dalam webinar, Selasa 13 April 2021, seperti dikutip dari Kurun .

Semasa bulan Ramadhan, Anda mampu mengisi waktu luang ataupun waktu “ngabuburit” dengan kesibukan yang sebelumnya terlupakan, kemudian dapat dikerjakan dengan bertambah fokus.

Ke-2 adalah K atau ‘Kajian dan tadarus’. Ini sanggup dilakukan untuk meningkatkan ikatan personal kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Selain kajian dan tadarus, Anda juga dapat melangsungkan sahur dan buka puasa daring untuk meningkatkan ikatan dengan teman atau suku.

Mengaji juga: Puasa di Tengah Pandemi, Konsumsi Menu Sehat Ini saat Sahur serta Berbuka  

Ketiga adalah H singkatan dari ‘Hayati dan menerima segala bentuk cobaan dari Tuhan Subhanahu wa ta’ala’. Tersebut supaya Anda bisa memahami proses bertumbuh dan berkembang sebagai individu selama menjalani ibadah puasa di tengah masa-masa sulit akibat pandemi covid-19.

“Keempat adalah L untuk ‘Luangkan waktu menjaga kebugaran tubuh’. Itu penting untuk menimbulkan imunitas, khususnya di masa-masa menjaga kesehatan tubuh. Pada masa puasa ini Kamu bisa melakukan olahraga menjelang sore hari atau zaman berbuka puasa, ” terang psikolog yang mendirikan Klinik Ruang Tumbuh ini.