PANDEMI virus corona atau Covid-19 masih belum berakhir. Bahkan kira-kira wilayah seperti DKI Jakarta sedang menunjukkan angka penularan infeksi dengan cukup tinggi. Alhasil Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dilakukan untuk mencegah penularan penyakit.

Meski demikian apakah PSBB transisi yang diberlakukan pemerintah DKI Jakarta efektif untuk dilakukan? Menjawab hal tersebut, Pakar Epidemiologi Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani mengatakan PSBB menjadi pilihan negeri sebagai upaya pengendalian kasus Covid-19.

“PSBB pertukaran diambil ketika kasus di semacam daerah cukup terkendali dan anju dalam menghadapi adaptasi kebiasaan hangat, ” terang Laura, saat diwawancarai Okezone, Senin (19/10/2020).

  Pandemi virus corona atau Covid-19 masih belum berakhir.

Menurutnya, langkah yang diambil oleh negeri DKI Jakarta untuk menghadapi kenaikan angka positif Covid-19 sudah tepat. Meski demikian, Laura menjelaskan efektivitas dalam penerapan masa PSBB transisi ini bergantung pada perilaku umum itu sendiri.

“Saya rasa memang ini menjelma langkah yang diambil oleh negeri DKI Jakarta setelah melihat situasi epidemiologis dari penyakit. Apakah tersebut efektif tergantung dari kepatuhan melakukan kebijakan ini, ” tuntasnya.

Baca juga: Khasiat Sayur Bayam Bila Dikonsumsi Dengan Rutin, Apa Saja?

(ahl. -)