JAKARTA Google segera merilis beberapa fitur terbaru Android di dalam beberapa pekan ke depan. Mulai dari Gboard Emoji, Voice Access, hingga audiobook di Google Play. Fitur-fitur ini sangat berguna, karena hendak terkait langsung dengan aplikasi tertentu.

Gboard mendapatkan pembaruan yang meningkatkan fitur Bagian Emoji, memungkinkan pengguna menggabungkan beberapa elemen visual yang akan memanifestasikan emoji kustom. Diperkirakan kombinasi bertambah dari 14. 000, ditambah teristimewa dengan emoji yang disarankan secara otomatis oleh sistem.

Baca Juga:   Update Google Message Hadirkan End-to-End Encryption

Dilansri dari Neowin pada Jumat (4/12/2020), Google juga membuat aplikasi Voice Access tersedia lebih luas, khususnya untuk perangkat Android versi 11. 0. Voice Access memudahkan pemakai untuk mengontrol perangkat mereka hanya dengan menggunakan suara.

Baca Juga:   Om google Assistant Hadirkan Fitur Anak Lacak Posisi Orangtuanya

Fitur ketiga dari pembaruan Om google akan menyediakan tab Buka pada Google Maps. Pengguna dapat bertambah mudah memberikan pintasan cepat ke tempat-tempat yang sering dikunjungi.

Beberapa lokasi juga mampu ditambahakan pada halaman ini untuk mendapatkan petunjuk arah dan data lalu lintas dengan lebih segera.

Selanjutnya, fitur Nearby Share atau Berbagi Di Kira-kira yang dapat digunakan untuk berbagi aplikasi dengan orang-orang di sekitar pengguna. Hebatnya lagi, fitur ini dapat berfungsi tanpa koneksi internet.

Fitur terakhir yakni audiobook yang berguna untuk transformasi otomatis buku teks ke edisi audio. Dengan begitu, pembaca (atau lebih tepatnya pendengar) tidak menetapkan lagi menunggu buku diubah menjad buku audio seperti biasa.

(saz)