Pada setiap tahunnya Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tetap dimeriahkan dengan berbagai tradisi unik di #DiIndonesiaAja.

Di tengah pandemi yang masih berlangsung, Anda tetap bisa memeriahkan perayaan HUT RI ke-76 #DiRumahAja bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Nah, berikut nostalgia lomba-lomba unik di Indonesia dalam menyambut HUT MENODAI:

satu. Balap Karung

 

Foto: Sindonews

Rasanya ada yang kurang jika perayaan 17 Agustus tanpa adanya lomba balap karung. Pasalnya, lomba yang mengaharuskan pesertanya berjalan atau melompat menggunakan karung goni tersebut tak pernah absen setiap tahunnya.

Permainan kompetitif ini dilakukan dengan memasukkan kedua kaki peserta di dalam karung maka mencapai pinggang atau perut mereka. Kemudian peserta menyimpan tepi karung sambal melompat ke depan dari titik awal menuju garis sudah. Orang pertama yang meninggalkan garis finis adalah pemenang perlombaan.

2. Lomba Bakiak

Foto: Sindonews

Permainan ini memeriksa ketangkasan, kepemimpinan, kerja cocok, kreativitas, wawasan, serta kejujuran. Bakiak adalah salah satu permainan tradisional. Bahannya dibuat dari kayu panjang seolah-olah seluncur es yang telah dihaluskan (diamplas) dan diberi beberapa selop di atasnya.

Lomba bakiak biasanya terdiri dari 2-3 orang untuk satu bakiak. Memainkan bakiak biasanya secara berkelompok atau tim, dengan masing-masing tim berlomba berjalan kompak untuk sampai ke garis finis. Lomba ini bisa Anda lakukan bersama-sama anggota keluarga #DiRumahAja buat memeriahkan HUT RI ke-76.

Agar penampilan makin kece dan tentu disiplin protokol kesehatan masa lomba bakiak, Anda bisa memakai masker motif menggambar dan unik dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku ekonomi kaya, di antaranya @dkoescraft, @galericapit, @morikoe_handy_craft. Memakai masker dari pelaku ekraf akan membina Anda dan anggota anak makin memiliki rasa nasionalisme dan membantu para karakter ekraf tetap bertahan di tengah pandemi.

Baca Juga:   Pemkab Bekasi Juga Larang Warganya Gelar Lomba 17 Agustusan

3. Obor Estafet

Memotret: Twitter PuspitaFM

Kegiatan ini telah dilakukan sejak lama lho, kurang lebih 30 tarikh. Awalnya yang menjadi peserta dalam lomba lari serupa membawa obor ini ialah para atlet terbaik di Semarang, Jawa Tengah. Hendak tetapi, saat ini obor estafet sudah banyak dikerjakan dibeberapa daerah lainnya.

Obor dianggap sebagai simbol semangat dari para pahlawan saat memperjuangkan kebebasan Republik Indonesia. Nah, melalaikan lomba obor estafet tersebut, masyarakat diharapkan dapat meniru semangat para pahlawan serta melanjutkan perjuangan mereka dalam mengisi kemerdekaan.

4. Panjat Meminang

Menjepret: Wonderfulimage. id

Panjat pinang ialah sebuah perlombaan yang sungguh khas diadakan ketika 17 Agustus tiba. Lomba yang satu ini cukup menarik minat warga karena beraneka jenis hadiah yang disajikan. Selain itu, tantangan yang diberikan kepada para pengikut lomba juga cukup tumbuh, sehingga lomba ini berpunya menghibur para penonton.

Lomba panjat meminang diadakan dengan tiang terbenam di tanah berdiri lurus, dan terbuat sejak pohon jambe. Berbagai macam jenis hadiah juga diperebutkan dalam lomba panjat jambe. Nantinya peserta yang terdiri dari beberapa kelompok tabrak strategi dan kekuatan untuk bisa memanjat hingga ke atas tiang di mana banyak hadiah digantungkan.

5. Menggampar Bola Durian

Foto: Sindonews

Dari namanya memang terdengar cukup keterlaluan, ya. Duren atau durian yang biasanya dimakan, justru digunakan sebagai bola untuk pemainan ini. Jangan coba-coba sepak bola ini jika belum belajar tekniknya, ya. Nanti bisa-bisa tubuh maka babak belur, lho.

Sebelum permainan dimulai akan ada pemuka pegangan yang mendoakan keselamatan para pemain. Unik dan ekstrem, perlombaan ini pun tak bisa diikuti oleh sewenang-wenang orang. Biasanya lomba tersebut hanya diikuti oleh orang-orang dewasa saja, lho.

Nah, meskipun tarikh ini kita belum bisa melaksanakan tradisi-tradisi tersebut secara kemeriahan akibat pandemi, Kamu bisa melakukan beberapa perlombaan tersebut versi mini beserta keluarga atau orang-orang tersayang #DiRumahAja. Jangan lupa untuk #BeliKreatifLokal secara online segala macam kebutuhan, pernak-pernik, tenggat hadiah yang unik, ataupun khas Indonesia sebagai wujud gotong royong membantu para-para pelaku UMKM berjuang di masa pandemi.

Walau masih #DiRumahAja, watak kemerdekaan kita jangan datang luntur ya. Tentunya kejadian yang lebih penting lagi adalah bagaimana cara kita mengisi kemerdekaan dengan kontribusi nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong seluruh masyarakat untuk berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan tidak menyebarkan berita hoax, misinformasi, maupun disinformasi tentang Covid-19.

“Untuk itu, perlu cara bijak dan efektif serta selalu mengusung narasi dan konten-konten yang positif untuk percepatan penanggulangan penyebaran virus penyebab Covid-19, ” ujarnya.

Sebagai warga negara yang baik, kita wajib mendukung upaya pemerintah dalam memerangi pandemi #InDOnesiaCARE, seperti disiplin menerapkan 6M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Di samping itu, Anda juga harus berpartisipasi dalam program vaksinasi agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus Corona demi #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh.

 

Foto: Wonderfulimage. id

Meski pandemi masih berlangsung, kita tetap bisa merayakan HUT RI ke-76 dengan mengikuti lomba 17 Agustusan yang seru #DiRumahAja. Caranya, dengan ikutan kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia periode 27 Juli sampai 20 Agustus 2021.

Yuk, bikin video kreasi menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja dan menangkan hadiah total jutaan rupiah! Cara Ikutannya juga mudah kok. Pilih salah satu lagu daerah favorit Anda. Agar makin meriah, bisa sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum hingga aksesori dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku ekonomi kreatif.

Upload video di Instagram feed Anda, jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Pastikan akun Anda tidak di- private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel, ya!

Yuk, segera bikin video kreasi saat Anda menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja. Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia.

Video-video kreasi terbaik juga berkesempatan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia. id. Yuk, buruan ikut!

CM

(yao)