KONSUMSI sasaran hangat memang disebut mampu mengurangi hidung tersumbat. Salah satu yang sering digunakan ialah sup ayam, yang terbukti ampuh.

Tapi, ada juga yang mengutarakan bahwa mengonsumsi makanan sengit juga bisa mengatasi indra tersumbat. Lantas benarkah sasaran pedas bisa mengatasi indra tersumbat, atau hanya mitos?

Terampil medis Natalie Armstrong mengutarakan, konsumsi makanan pedas adalah cara alami untuk memajukan aliran lendir. Hal tersebut senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai.

Makanan Pedas

“Senyawa itulah yang membuat cabai pedas, memperlebar saluran hidung dan mengurangi peradangan & nyeri sinus, ” sirih Natalie seperti dilansir lantaran Metro.

Dia mengatakan, makanan pedas juga menghasilkan lendir, yang mampu membuat hidung Anda berpeluh, tetapi tidak membuat indra tersumbat. Tak heran bila Anda dianjurkan konsumsi makanan pedas saat flu menerjang.

Selain makanan pedas, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Misalnya mandilah air mesra untuk merelaksasi tubuh, terbaring dengan bantal yang bertambah tinggi, serta kompres dahi dengan handuk hangat masa Anda menderita flu.

(mrt)