BERLAKU dengan bani tidak cuma membuat anak-anak senang. Seiring bermain secara anak, stres yang dialami oleh orangtua juga mampu berkurang.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi., psikolog anak dan muda, bermain dengan anak memiliki manfaat untuk stress released, baik anak atau orangtua

Misalnya, budak diajak bermain peran pada mana dia menjadi seorang karakter yang galak & bebas berekspresi. Lewat cara itu, dia bisa membiarkan kepenatan yang menumpuk karena ruang gerak terbatas akibat pandemi.

Pentingnya interaksi dengan orangtua melaksanakan Vera mengatakan lahan besar dan mainan segudang tidak jaminan anak akan kuat bermain. Sebab, interaksi orangtua yang membuat anak-anak tidak merasa bosan saat bermain.  

Anak-anak

Idealnya, orangtua ikut bermain bersama budak. Jika tidak memungkinkan untuk bermain terus menerus, setidaknya orangtua terus memantau apa yang anak mainkan, ataupun memilih permainan yang bagus untuk buah hati.

Penggunaan gawai untuk sarana bermain saat itu tak terelakkan karena orangtua pun sibuk menggunakannya kala bekerja dari rumah. Sebab karena itu, Vera menyarankan orangtua untuk mengeksplorasi khasiat positif gawai untuk anak dengan memilihkan tontonan nyata dan edukatif.

Bermain tak harus secara mainan yang mahal. Barang-barang bekas atau benda-benda dalam sekitar rumah bisa digunakan anak untuk bersenang-senang. Kuncinya adalah berpikir kreatif.