BATERAI merupakan salah satu komponen penting daripada sebuah ponsel pintar. Baterai dengan daya tahan lama akan memproduksi smartphone memiliki kemampuan operasional dengan lebih baik.

Ponsel dengan baterai berkapasitas mulia memang menyenangkan jika diajak beraktivitas di luar ruangan. Namun, daya baterai tidak juga menjadi jaminan smartphone akan bertahan tanpa lowbat.

Baca juga: Gaya Baterai Smartphone Cepat Habis? Barangkali 5 Hal Ini Penyebabnya 

Seiring waktu, situasi baterai ponsel pasti bisa menyusut. Selain itu, ada beberapa jenis aplikasi yang ternyata bisa menguras daya baterai ponsel sehingga maka lebih boros atau cepat berakhir.

Jika kapasitas aki ponsel tidak begitu besar, sepatutnya mempertimbangkan untuk menyeleksi dan menghapus beberapa jenis aplikasi berikut itu. Apa saja? Simak daftarnya, seperti dirangkum dari Tech Engage , Senin (2/11/2020).

1. Media sosial

Beberapa permintaan media sosial seperti Snapchat, Facebook, dan TikTok ternyata bisa menguras daya baterai ponsel dengan segera. Snapchat misalnya, menyedot banyak daya baterai ponsel karena layanan informasi, lokasi, dan fitur lain dengan butuh terhubung dengan internet.

Kemudian Facebook, aplikasi tertinggi yang menghabiskan masa pakai baterai ponsel. Sebab, aplikasi ini berlaku di latar belakang untuk menyinkronkan pembaruan, kontak, menjalankan layanan pemberitahuan, dan banyak proses latar belakang dengan bisa membuat boros baterai ponsel.

Baca juga: Baterai Ponsel Lama Terisi Sempurna? Bisa Jadi 3 Hal Tersebut Penyebabnya 

2. Aplikasi pesan singkat

Setiap pengguna ponsel memiliki aplikasi pesan singkat kaya WhatsApp, Messenger, Viber, WeChat, & banyak lainnya. Aplikasi perpesanan sebenarnya membutuhkan banyak daya baterai. Misalnya, Messenger yang menyinkronkan kontak & mendorong pemberitahuan dari waktu ke waktu.

Kemudian WhatsApp yang selalu berjalan di latar belakang dan akan menghabiskan bukti baterai ponsel jika digunakan. Bila merasa mustahil untuk uninstall aplikasi tersebut, bisa membatasi penggunaannya.