JAKARTA – Setelah dua tahun pasca perilisan Gorilla Glass 6, Corning secara resmi mengumumkan pada Kamis (23/7/2020) bahwa perusahaan akan menghadirkan versi kaca terbarunya yang diberi nama Gorilla Glass Victus.

Dilansir The Verge, Seri kaca terbaru itu akan hadir dalam ponsel terbaru milik iPhone dan Samsung Galaxy.

Melalui laman resminya, Corning mengklaim seri Victus menjadi seri yang paling kuat di antara semua kaca yang pernah mereka buat. Berdasarkan uji coba produk, Victus diketahui memiliki daya tahan dua kali lipat dibandingkan seri Gorilla Glass 6 atau setara empat kali lipat daya tahan milik pesaingnya.

Daya tahan luar biasa yang dimiliki Victus terletak pada kekuatan anti gores meski dijatuhkan dari ketinggian maksimum 2 meter dan jatuh di atas permukaan keras dan kasar. Dengan daya tahan ini, Victus setidaknya memiliki daya tahan jatuh hingga 20 kali benturan pada ketinggian rata-rata 1 meter. Ini berarti 5 kali lebih banyak dibandingkan Gorilla Glass 6 yang hanya bertahan 15 kali benturan dan ketinggian maksimumnya hanya mencapai 1,6 meter.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Meski demikian, Jaymin Amin, Wakil Presiden sekaligus Ilmuwan Corning untuk Gorilla Glass tetap memperingatkan bahwa pada dasarnya daya tahan ini juga dipengaruhi dari bagaimana ponsel Anda jatuh.

Pasir, logam dan bahan lainnya masih dapat menjadi ancaman untuk kaca terbarunya ini. Bagaimana pun, ini tidak bisa dikatakan benar-benar sempurna, meski diakui memang sangat kuat dibandingkan seri lainnya.

“Saya pikir peringatan itu masih akan berlaku pada bahan gelas apa pun. Tetapi apa yang dilakukan untuk Anda adalah mengurangi kejadian itu dengan cukup dramatis,” ucap Jaymin Amin dikutip The Verge.

Corning mengonfirmasi bahwa Victus pertama kali akan hadir di pasaran melalui seri ponsel terbaru Samsung Galaxy dalam beberapa bulan mendatang.

(ahl)

Loading…