SAAT itu aktivitas bepergian menjadi lebih ringan dengan adanya aplikasi Google St. View. Perangkat lunak tersebut memungkinkan penggunanya mengetahui jalur lengkap menuju lokasi yang dituju.

Namun ternyata panduan lengkap arah ini dapat disalahgunakan dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Pelaksana bisa memanfaatkan fitur tersebut dalam mencari target dalam melancarkan gerakan kejahatannya.

Baca juga: Google Maps Bisa Deteksi Keramaian untuk Cegah Covid-19 

Untungnya, Search engines Street View memberikan solusi terpaut hal ini, yaitu bisa memburamkan rumah Anda secara permanen agar tidak sembarangan dilihat oleh pendatang. Seluruh prosesnya ternyata sangat mudah.

Berikut ini langkahnya, sebagaimana dikutip dari Mashable , Selasa (20/10/2020).

1. Buka Google Atlases dan masukkan alamat rumah Player.

2. Masuk ke mode Street View dengan menarik ikon kuning kecil berbentuk manusia (ada di sudut kanan bawah layar) ke peta di hadapan rumah Anda.

much more. Jika rumah Anda sudah terlihat, klik “Report A Problem (Laporkan Masalah)” di pojok kanan bawah layar.

4. Pusatkan kotak merah di rumah Member, dan pilih “My Home (Rumah Saya)” di bidang “Request Blurring Field (Minta Pemburaman Bidang)”.

5. Tulis di bidang yang tersedia mengapa Anda pengen gambar diburamkan. Misalnya, khawatir perkara keamanan.

6. Masukkan alamat email Anda, dan pilih “Submit (Kirim)”.

Baca juga: Google Tingkatkan Pilihan Live View pada Layanan Maps 

Setelah suah melakukan “Submit” terkait hal itu, Anda akan menerima email dalam Google yang menyatakan bahwa mereka sedang meninjau gambar yang Kalian ajukan dan akan mengirim send out saat permintaan selesai.

Mereka dapat menindaklanjuti melalui spam dan meminta Anda untuk amet spesifik tentang area atau aspek yang ingin diburamkan.

Tidak jelas berapa lama jam yang dibutuhkan Google untuk membereskan permintaan ini. Lalu ketika telah selesai, lakukan hal yang persis di Bing Maps, prosesnya pula sangat mirip dan tidak sulit.