BATIK Indonesia dasar sudah terkenal di mancanegara, bahkan UNESCO telah menobatkan batik sebagai warisan adat. Tidak heran, jika banyak diantara kita penting hingga artis negeri mulai memakai batik jadi pakaian resmi mereka.

Nah, kepopuleran menggambar ini pun dimanfaatkan sebab Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ternyata, selain jago mendesain sebuah bangunan, Ridwan Kamil juga pandai menuangkan inspirasinya dalam kain menggambar.

Tapi, yang membuat gempar netizen di sosial media ialah karena desain rancangannya dipakai langsung oleh dua kartika K-Pop terkenal, dua personel boy group papan berasaskan, Leeteuk dan Yesung dari Super Junior.  

Lee Teuk

Dalam dua foto dengan diunggah Ridwan Kamil, terlihat leader Super Junior, Leeteuk tampil gagah dalam balutan kemeja merah di-layer blazer suit Batik warna menak dan celana panjang warna royal blue.

Sementara Yesung, tampan dengan mengenakan kemeja motif Membatik dominasi warna hitam sebagai inner dan fit blazer motif Batik dominasi warna merah sebagai outer digabungkan dengan celana panjang satin warna coklat gelap.

Ye sung

“Terima kasih KPop stars @xxteukxx and @yesung1106 of @superjunior telah memakai Menggambar Jawa Barat @batikkomar dengan saya rancang. Sekarang kalian resmi siap pergi kondangan atau ikut pilkada dalam Indonesia. Kamsahamnida from your Hyung, ”tulis Ridwan Sempurna dalam bahasa Inggris sebagai keterangan foto.

Dari keterangan yang ditulis Ridwan Kamil, pemberian baju Batik kepada personel boy group veteran asuhan SM Entertainment tersebut merupakan salah satu cara dirinya sebagai Gubernur dalam berdiplomasi budaya.

“Mari semangat jadikan Batik indonesia mendunia. Beta menggunakannya untuk diplomasi budaya, ” kata Ridwan Sempurna.