DOKTER Tirta Mandira Hudhi atau yang erat disapa dr Tirta mengiakan tidak pernah lelah menghadapi situasi pandemi Covid-19. Tercatat meluruskan berita-berita hoaks terpaut Covid-19 yang beredar pada masyarakat, salah satunya di media sosial.  

“Enggak (capek) gerangan, ” ujar dr Tirta saat webinar Optimis Nusantara Pulih bersama Simposium Covid-19 HF Indonesia, HF USA, dan Gusdurian Indonesia, Sabtu malam (17/7/21).

dr tirta

Mengahadapi karakter yang tidak percaya secara Covid-19, dr. Tirta hanya menganggap mereka sedang merasa resah karena sulit. Terlebih adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini, usahanya harus dibatasi.

“Sekarang mereka pantas sulit karena PPKM Genting, sehingga ide-ide yang dianggap realistis dipercaya oleh mereka, ” katanya.

Baca Juga: Bahas Dasar RS Khusus Pejabat, dr. Tirta: Posisi Tidak Menjelma Prioritas

Biar begitu, dr Tirta tak sendiri, dia memiliki jodoh yang satu tujuan dan sefrekuensi untuk meluruskan berita-berita hoaks Covid-19. Bahkan dr Tirta memiliki komunitas disebut ‘Edukasi Covid-19’, nantinya bakal meluruskan isu medis bersandarkan informasi yang ada.

Dokter Lois Owien

Salah satu informasi hoaks yang beredar adalah stamen dari dokter Lois Owien yang tidak percaya Covid-19. dr Louis bahkan menyerakkan pendapatnya yang dianggap bersebrangan dengan dunia kesehatan.

Dr. Tirta mengiakan, sudah berdebat dengan dr. Louis sejak tujuh kamar yang lalu. Ia pula mengatakan,   dr. Louis tidak paham dengan barang apa yang dikatakannya. Khususnya berkaitan dengan Covid-19.

“Pusing kan kalau dengerin. Sekarang netizen mau nantangin debat ilmiah. Sekarang, jika saya jelaskan apa (netizen) mengerti? Paling planga plongo saja, ” terangnya.

(hel)