SALAH satu yang harus diwaspadai selama puasa adalah jangan sampai Anda dehidrasi. Oleh karena itu, kita pun disarankan untuk minum air putih 8 gelas sehari atau sekira dua liter.

Tapi, ada juga orang dengan ingin sehat secara segera dan mengonsumsi banyak cairan putih ketika berbuka. Padahal, minum air putih berlebihan bisa menyebabkan hiponatremia loh.

Cakap nutrisi Kristin Koskinen sebagaimana dilansir dari Health, membaca bahwa hiponatremia adalah kondisi gangguan elektrolit ketika kekuatan natrium (sodium) dalam pembawaan lebih rendah dari batas normal.

Air putih

Natrium (sodium) sendiri, adalah elektrolit istimewa dalam tubuh yang memelihara tubuh dengan mendistribusikan minuman ke seluruh tubuh, dan sisanya dibuang melalui ekskresi dalam bentuk air lembut atau keringat.

Kadar natrium (sodium) dengan rendah dalam darah mampu menyebabkan gejala seperti busung, sakit kepala, sulit berpendapat jernih (brain fog), & mual.

“Ginjal juga memiliki batasan berapa banyak air yang sanggup mereka proses untuk dikeluarkan pada satu waktu, penuh 800 hingga 1. 000 mililiter per jam, ” kata Koskinen.