Setelah sempat ditutup beberapa bulan akibat pandemi Covid-19, pariwisata Raja Ampat, Papua Barat dibuka kembali mulai, pekan lalu. Tahap pertama khusus dibuka untuk wisatawan domestik, sementara turis mancanegara belum diizinkan masuk.

Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat sudah membuat protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru atau new normal pariwisata. Ada berbagai aturan yang harus ditaati tiap wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat selama pandemi virus corona.

 Raja Ampat

“Raja Ampat sudah menyusun protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru pariwasata. Semua protokol kesejatan ini disusun berdasarkan prinsip health, clean, dan menjaga lingkungan,” kata Kadispar Raja Ampat Yusdi Lamatenggo kepada Okezone belum lama ini.

“Kita berharap semua wisatawan yang datang ke Raja Ampat ini bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan mempraktikkan cara yang sehat, bersih dan ramah pada lingkungan,” ujarnya.

Baca juga: Pariwisata Raja Ampat Kembali Dibuka, Wisatawan Wajib Registrasi Online

Okezone bersama tim Kemenparekraf berkunjung ke Raja Ampat sekaligus mengikuti simulasi berwisata dengan penerapan protokol new normal pariwisata.