APPLE dan Google baru saja menggunakan ponsel 5G pertamanya. Namun ternyata langkah itu tidak menghentikan ke-2 perusahaan tersebut berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam mengembangkan internet generasi selanjutnya yakni 6G.

Dikutip dari Cnet , Selasa (17/11/2020), Apple, Google, dan LG dilaporkan sudah bergabung dalam grup industri “Next G Alliance” yang memiliki tujuan memajukan kepemimpinan global Amerika Utara atas jalur evolusi 5G dan pengembangan awal 6G.

Baca juga: Teknologi 6G Lebih Cepat 8. 000 Kali Lipat Dibanding 5G?  

Tidak hanya itu, perserikatan tersebut juga memiliki tujuan menciptakan pengembangan peta jalan “Next G” yang akan mempromosikan pasar rajin untuk pengenalan, adopsi, dan komersialisasi 6G dengan mempertimbangkan inovasi Amerika Utara.

Google. (Foto: Arthur Osipyan/Unsplash)

Anggota pendiri grup yang lain, yang dibuat oleh aliansi penyelesaian industri telekomunikasi (Alliance for Telecommunications Industry Solutions), antara lain operator Amerika Serikat AT& T, Verizon, US Cellular dan T-Mobile, serta Charter Communications, juga operator Kanada Bell and Telus.

Selain itu ada Microsoft, Samsung, Facebook, Cisco, Ericsson, Intel, Nokia, dan Qualcomm juga masuk dalam aliansi ini.

Baca juga: Teknologi 5G Masih Dinantikan, LG Bersiap Kembangkan 6G 

Namun perusahaan teknologi raksasa asal China, Huawei, tidak ada dalam daftar tersebut, padahal sebelumnya sangat terlibat di dalam pengembangan jaringan 5G. Laporan tahun lalu menunjukkan Huawei sudah mulai melakukan penelitian 6G sendiri.

“Setiap anggota aliansi bakal diwakili oleh eksekutif bisnis superior dan ditugaskan menetapkan strategi mengikuti arahan aliansi, ” jelas Next G Alliance dalam laman resminya.