DI tengah lonjakan kasus Covid-19 banyak sekali makanan maupun minuman yang diklaim efektif untuk menyembuhkan Covid-19. Minuman yang sempat viral kurang waktu lalu adalah minuman kelapa hijau.

Akibatnya air kelapa hijau banyak diburu dalam pasaran, bahkan dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung berat dengan menjualnya di untuk harga pasaran.

  air kelapa

Terpaut dengan klaim tersebut Sinse Spesialis Gizi Klinis, dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K menerangkan, sejatinya tidak ada satu pun produk yang super di dunia ini, termasuk air kelapa.

Dalam kasus cairan kelapa hijau yang selalu diklaim bisa menyembuhkan Covid-19, dr. Yohan mengatakan, cairan kelapa hijau merupakan alternatif minuman yang sehat karena memiliki kalori yang kecil jika tidak ditambahkan apapun.

Menurut Tabib Yohan, di dalam cairan kelapa terdapat mineral, kalium, dan magnesium yang membenahi tubuh. Tapi perlu diperhatikan, bahwa pasien Covid-19 mempunyai banyak faktor kesehatan yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan air kelapa.

“Misal pasien Covid-19 dengan memiliki komorbid, nah kalau minum air kelapa itu bisa memengaruhi kondisi penyembuhan pasien tersebut. Kesembuhan bersandar dari banyak faktor. Maka tidak bisa seseorang mengonsumsi banyak vitamin atau memakai produk yang diklaim mampu menyembuhkan Covid-19. Jadi kudu dicari produk yang ada data-datanya yang sudah diuji klinis dan mendapatkan kerelaan edar dari BPOM buat mengobati Covid-19, ” pungkasnya.

(DRM)