Ramadhan 1442 Hijriah tinggal membagi hari, Umat Islam akan menjalani ibadah Puasa selama satu bulan. Ketika bertarak, kaum muslimin akan tidak makan dan minum mulai terbit fajar (Subuh) hingga terbenamnya matahari (Magrib), serta menahan diri dari segala hawa nafsu.

Selain dari sisi rohani, ternyata ada manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Salah satunya membantu menjaga berat lembaga tetap terkendali.

Namun, masih tersedia beberapa manfaat kesehatan lainnya dengan menjalankan ibadah puasa. Apa saja? Berikut penjelasannya, sebagaimana dikutip dari laman Alarabiya.

Meningkatkan kadar lemak baik dalam darah

Puasa

Sebuah studi yang dilakukan di Annals of Nutrition Metabolism menunjukkan bahwa puasa menurunkan lemak jahat (LDL) sebesar 8 persen & tingkat trigliserida menurun sekira 30 persen. Kemudian pertarakan juga meningkatkan lemak elok (HDL) sebesar 14 upah, sehingga melindungi tubuh dibanding penyakit jantung.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 saat Ramadhan, Ini Ancang-ancang yang Perlu Dilakukan

Membantu menurunkan berat badan

Konsumsi kalori secara keseluruhan menurun selama bulan Ramadhan. Jika Anda bisa mempertahankan kebiasaan makan itu selama bulan puasa, maka sangat mungkin mengandung badan akan turun. Terlebih lagi tubuh akan membutuhkan energi saat beraktivitas saat Ramadhan. Tetapi karena tak ada asupan energi dibanding makanan, maka tubuh membakarnya dari lemak.