PROBIOTIK dikenal sebagai kuman dan mikroorganisme baik beserta bermanfaat untuk kesehatan pola pencernaan tubuh. Probiotik bisa ditemukan dalam jenis makanan tertentu.

Laba utama probiotik yaitu berjalan mendukung kesehatan sistem penyerapan. Dengan kata lain, probiotik memelihara usus dan berlaku memperkuat kekebalan tubuh.

Selain itu, penelitian menunjukkan probiotik berdampak pada bentuk saraf pusat. Dikatakan bahwa mereka mendukung pengobatan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, serta kurang kondisi neurologis juga.

Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung probiotik sangat penting buat menjaga kesehatan tubuh.

Berikut 10 makanan mengandung probiotik yang cara untuk kesehatan lambung dan usus, sebagaimana telah dirangkum dari laman Feminaindia .

Baca juga: Jaga Kesehatan Anak di Tengah Pandemi, Jangan Lupa Asupan Prebiotik dan Probiotik 

1. Yoghurt

Yoghurt memang dikenal sumber probiotik yang baik. Yoghurt dibuat dengan susu yang difermentasi oleh dua jenis bakteri baik asam laktat & bifidobacteria. Bakteri ini berguna mengendalikan diare pada anak-anak, dan meredakan gejala-gejala dengan berasal dari irritable bowel syndrome (IBS).

Makanan mengandung probiotik. (Foto: Nutraingredients)

2. Buttermilk

Ini merupakan susu fermentasi yang memiliki probiotik baik untuk pencernaan. Minuman dibuat dari campuran mentega yang dikemas dengan vitamin, mineral, probiotik yang bermanfaat untuk menutrisi usus. Ini adalah minuman tradisional yang dikonsumsi pada negera Nepal dan Pakistan.

3. Acar mentimun

Tersebut makanan fermentasi dari acar atau timun yang direndam dalam air garam. Acar mentimun juga dapat membereskan sistem pencernaan, menghalangi pertumbuhan bakteri berbahaya, dan membantu tubuh memerangi infeksi. Acar mentimun mengandung vitamin K dan natrium.

Baca juga: Efektifkah Probiotik Bantu Turunkan Mengandung Badan? Inilah Jawabannya 

4. Buah zaitun

Buah zaitun juga difermentasi dalam larutan air garam. Bakteri ramah usus dengan disebut Lactobacillus memungkinkan metode ini. Faktanya, bakteri itu mengandung dua jenis strain: Lactobacillus plantarum dan Lactobacillus pentosus. Berdasarkan penelitian, buah zaitun melancarkan pencernaan, membersihkan sistem dari masalah terkait IBS, mengurangi masalah kembung, dan mengurangi kadar kolesterol.

5. Keju

Jenis-jenis keju yang mengandung probiotik luhur meliputi mozzarella, cheddar, gruyere, gouda, parmesan, dan swiss adalah varietas yang menegakkan bakteri ramah. Gouda adalah pembawa probiotik yang betul baik. Jenis keju itu memberikan probiotik ke media pencernaan (GI). Sebagai sumber protein yang kaya, keju juga padat dengan mineral dan vitamin (kalsium, fosfor, selenium, serta vitamin B12)